CUSTOM: Guru Idola Versi Custom

Minggu, 10 Juli 2011

Guru Idola Versi Custom

MyLife :

Photobucket"

Dalam Arti yang sangat singkat menurut Saya pendidikan adalah suatu pelaksanaan pembinaan terhadap seseorang dimana pembinaan ini oleh sekelompok orang atau pemerintahan dilakukan dalam suatu wadah yang disebut dengan sekolah.

Adapun pada saat pelaksanaan pentransferan pembinaan seorang pembimbing atau yang biasa disebut dengan nama guru harus mengupayakan sedapat mungkin agar yang dibimbingnya dapat dengan mudah mengerti dan tetap dapat mengingat serta menggunakan ilmu yang didapatnya kelak dikemudian hari sebagai bekal hidupnya. Adapun pelaksanaan yang biasa digunakan guru disebut dengan nama teknik mengajar, metoda, atau model pembelajaran. dengan menggunakan alat ini guru akan lebih mudah untuk dapat mengerti tingkat keberhasilan mengajarnya / pemberian bimbingan dan terlebih lagi sisnya akan dapat lebih mudah menerima masukan-masukan ilmu yang diberikan.

Untuk pelaksanaan semua teknik, metoda, dan model - model pembelajaran guru biasanya selaluu dihadapkan dengan fenomeda karakteristik siswa yang beraneka ragam,penuh intrik, dan sangat sukar untuk dikendalikan.Tak heran guru pada masa tertentu dihadapkan dengan rasa jemu, inilah masa yang sangat sulit bagi seorang pendidik, karena ia harus mampu mengendalikan tingkat emosinya, menjaga emosional siswanya dan harus tetap bertahan dan menjaga sikap agar ia tetap tegar menghadapi semua permasalahan siswa-siswanya.

Jika sampai pada titik hal yang demikian guru harus tepat mengambil sikap, harus dapat kembali merunut ulang bahwa profesinya adalah guru, pembimbing dan sebagai panutan oleh guru-gurunya, tentu seorang guru tidak menginginkan siswa-siswanya bersikat arogan hanya gara - gara melihat gurunya yang selalu bersikap tempramen tinggi, selalu usil, suka marah-marah, tentu tidak bukan....? Nah...... berikut saya mempunyai beberapa trik yang dapat digunakan oleh seorang guru dalam hal mewujudkan jati dirinya agar menjadi guru idola murid-muridnya berikat dapat anda coba :
  1. Sadari dan fahami bahwa anda adalah Guru ( Seorang Agung, Panutan, yang akan ditiru);
  2. Sesering mungkin untuk mengerti watak dan perkembangan sikap dari tiap siswanya;
  3. Pergunakan setiap waktu senggang untuk mencari rujukan bahan masukan pembelajaran ;
  4. Santai , Fun, dan bersahabat pada siswa sehingga ia merasa guru membutuhkannya;
  5. Jangan pernah meminta balas budi dari siswa baik itu berbentuk materi ataupun benda, karena siswa akan merasa ia dapat membeli gurunya ;
  6. Agar siswanya lebih giat, dan termotivasi sesering mungkin memberikan pujian tiap pekerjaan yang diselesaikannya, dan jika terdapat kesalahan pada penjawaban tugas yang anda berikan ucapkan kerja mu sudah bagus namun untuk lebih bagus lagi diulang ya... biar kamu lebih memahaminya...oC Nak...!;
  7. Jangan pernah memfonis Siswa anda adalah nakal, karena itu dapat mengoncang jiwanya.
Next...... Kesimpulannya, jadi guru idola adalah guru yang bersahaja, tampa pamrih, penuh canda, dan bersahabat, hanya dengan ini semua siswa anda akan merasa nyaman dan dirinya tidak terbebani dengan tiap pelaksanaan pembelajaran yang anda berikan, karena sebagian siswa merasa terjajah pada saat gurunya memberikan pembelajaran berbentuk pekerjaan rumah / PR, tugas dan lainya.

Baiklah, Sekian dulu... Up's... Mohon maaf untuk semua jajaran pendidik, bukan maksud untuk mengurui para guru namunn hanya sekedar sharing pengetahuan. 
Semoga bermanfaat
Custom
Guru SMP N9 Tanjungbalai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...