CUSTOM: PREFILL DAPODIKDAS 2013/2014

Senin, 06 Oktober 2014

PREFILL DAPODIKDAS 2013/2014

Apa itu Prefill?, Apa itu Prefill Dapodikdas 2013?, Apa kegunaan/fungsi prefill dalam aplikasi Dapodikdas 2013-2014 ini?, Bagaimana cara mendapatkan Prefill?, Bagaimana cara download Prefill?, dan sebagainya. Beberapa pertanyaan-pertanyaan ini sangat sering saya dengar dari rekan-rekan, karena memang prefill ini merupakan salah satu elemen penting yang tidak dapat dipisahkan dalam proses suksesnya pengolahan aplikasi Dapodikdas 2013-2014 ini.  saya akan mencoba berbagi pengalaman dan info terkait pertanyaan-pertanyaan di atas. Mungkin ada pertanyaan, info tambahan, ataupun koreksi dari rekan-rekan , maupun dari berbagai pihak yang berhubungan dengan tulisan ini, silahkan cantumkan komentar Anda pada kolom komentar di bawah posting ini.

Apa itu Prefill?
Sebelum membahas secara lebih luas, kata “prefill” berasal dari  "pre-" yang berarti "sebelum" "fill” yang berarti "mengisi".  Dari arti kata tersebut tentu sudah mulai dapat kita pahami apa maksud dari prefill itu. Jadi prefill adalah sebuah database yang harus kita input ke dalam sebuah aplikasi sebelum proses isian selanjutnya dimulai. Tentu database tersebut berlaku untuk periode waktu sebelumnya (sebelum aplikasi isian yang baru ada bukan…?), jadi database ini sifatnya belum final, karena masih sangat perlu di cek kembali, di edit, atau bahkan di hapus pada bagian-bagian tertentu, baik dari data/informasi mengenai sekolah, peserta didik, Rombel, PTK, maupun data/informasi lainnya.yang sekiranya sudah tidak sesuai lagi dengan keadaan yang sebenarnya pada saat input data sekarang ini.
Apa itu Prefill Aplikasi Dapodikdas 2013-2014 serta Apa Fungsi/Kegunaan Prefill dalam Aplikasi Dapodikdas 2013-2014?
Prefill aplikasi dapodikdas 2013 adalah database (DB) final/terakhir yang telah kita kirim, serta telah berhasil diproses, dan diterima oleh server pendataan Dapodik 2012/2013 yang lalu.

Dalam proses installasi aplikasi Dapodikdas 2013-2014 sekarang ini diperlukan beberapa rangkaian proses yang selayaknya tidak boleh dilewati, di antaranya perlu merestore prefill ini pada sistem komputer tepatnya di drive  “C” dalam sebuah folder mandiri (“prefill_dapodik”) sebelum proses instalasi kita lakukan. Sehingga dalam proses yang terintegrasi tersebut dapat menghasilkan aplikasi dapodikdas yang akan dapat meringankan pekerjaan rekan-rekan . Karena kita tidak perlu lagi menginput (memasukkan) data pada seluruh isian di aplikasi dapodikdas tersebut, melainkan hanya menambahkan data-data yang belum pernah ada dalam prefill (data tersimpan pada server Dapodik 2013 sebelumnya) tentunya, misalnya : menginput semua perubahan data, baik data rincian tentang sekolah, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yang terhitung sejak semester I (gasal) pada tahun pelajaran 2013/2014 ini yang kesemuanya tentu harus berdasarkan keadaan yang sebenarnya dan didukung dengan kelengkapan administrasi yang valid.
 
Bagaimana Cara Mendapatkan Prefill Dapodikdas 2013/2014 dan Bagaimana Cara Download Prefill Dapodikdas 2013/2014 melalui Internet?
Untuk mendapatkan Prefill Aplikasi Dapodikdas 2013, silahkan menghubungi Dinas Pendidikan di masing-masing Kabupaten/Kota Anda untuk mendapatkan kode registrasi aplikasi sekaligus mendapatkan file prefill Dapodikdas 2013 untuk sekolah Anda. Tanpa memasukkan kode registrasi yang benar, maka link download tidak akan berhasil (keterangan pada situs : Data prefill untuk kode registrasi ini tidak ditemukan).
Khusus untuk mendapatkan file prefill / prefilled aplikasi Dapodikdas 2013,  selain melalui Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, alternatif lainnya untuk mendapatkan file prefill ini dapat didownload langsung melalui website Dapodikdas 2013/2014, asal Anda telah mengetahui kode registrasi dapodikdas 2013 untuk sekolah Anda dengan cara :
1.    Siapkan kode registrasi Aplikasi Dapodikdas 2013 sekolah Anda yang telah didapatkan melalui  Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat
3.      Masukkan kode registrasi Dapodikdas 2013 sekolah Anda
4.      Download.


Berikut screen shoot lebih jelasnya :

 













Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...